Pengertian Surat Niaga
Yang
dimaksud dengan surat niaga adalah suatu surat yang dibuat atau ditulis untuk
kepentingan bisnis atau perdagangan. Surat niaga merupakan jenis surat yang
dikeluarkan oleh perusahaan ataupun badan-badan usaha dalam rangka menjalankan
usahanya. Surat Niaga juga merupakan surat resmi yang umumnya berisi mengenai
tawaran, jual-beli yang ada hubungannya dengan barang ataupun jasa.
Atau
definisi surat niaga yang lainnya adalah sebuah surat yang dibuat oleh
orang-orang ataupun oleh suatu badan usaha dengan bertujuan untuk mencari
keuntungan. Surat niaga ini bisa bersifat intern maupun ekstern, secara intern
dapat diartikan surat ini dapat dipakai untuk berhubungan antar perusahaan itu
sendiri baik itu dari tingkat pusat sampai pada cabangnya. Dan jika secara
ekstern surat ini dapat dipakai untuk berhubungan dengan perusahaan atau bada
usaha lain. Surat niga juga sering disebut dengan surat dagang atau surat bisnis
Jenis-Jenis Surat Niaga
Salah
satu jenis surat niaga yaitu surat pesanan, surat ini merupakan surat yang
berasal dari pembeli yang dikirimkan kepada penjual yang isinya berupa pesanan
untuk membeli sejumlah produk ataupun memesan suatu jasa tertentu. Adapun
beberapa yang perlu diperhatikan dalam membuat surat pesanan, diantaranya
seperti:
- Yang pertama, menyebutkan surat pemesanan berdasarkan dari surat penawaran ataupun iklan dan lain sebagainya.
- Yang kedua, menyebutkan jenis dan jumlah produk atau jasa yang akan di pesanan, lebih baik dibuatlah dalam bentuk dafatar supaya lebih mudah saat mengeceknya.
- Yang ketiga, menyebutkan bagaimana cara pengirimanya.
- Yang keempat, menyebutkan cara dari pembayarannya.
- Yang kelima, menyebutkan waktu pengirimannya yang dikehendaki.
- Yang keenam, menyebutkan cara pengepakan atau packingnya.
Dapat
disimpulkan bahwa surat niaga ada beberapa macam, diantaranya seperti dibawah
ini:
1 Surat Perkenalan
Surat perkenalan adalah salah satu
jenis surat niaga yang secara umum merupakan media
promosi untuk memperkenalkan hasil produksi perusahaan. Dalam surat perkenalan memuat infomasi tentang penjual yang dialamatkan kepada calon pembeli.
promosi untuk memperkenalkan hasil produksi perusahaan. Dalam surat perkenalan memuat infomasi tentang penjual yang dialamatkan kepada calon pembeli.
2 Surat Penawaran
Surat penawaran merupakan surat yang
diterbitkan oleh perusahaan untuk menawarkan barang yang dijual. Surat jenis
ini biasanya diterbitkan oleh penjual dan ditujukan untuk calon pembeli untuk
menawarkan barang atau jasa. Isi pokok dari surat penawaran adalah informasi
tentang barang atau jasa yang mereka tawarkan seperti kualifikasi, harga, serta
cara pembayaran. Untuk surat penawaran, pihak penjual harus pandai untuk
menawarkan barang atau jasa yang mereka miliki menggunakan bahasa yang menarik
dan jelas. Sehingga bisa menarik minat pembeli untuk membeli barang atau jasa
yang ditawarkan.
Surat penawaran biasanya dibuat atas
keperluan pribadi perusahaan ataupun sebagai balasan untuk surat permintaan
penawaran. Bila dibuat untuk surat balasan, surat penawaran harus mengacu pada
infomasi yang diberikan pihak penjual atau pengirim surat permintaan penawaran.
Surat penawaran biasaya juga dilengkapi dengan daftar harga atau brosur untuk
meyakinkan pembeli.
3 Surat Permintaan Penawaran
Surat jenis ini dikirim oleh calon
pembeli yang ditujukan kepada penjual yang secara umum berisikan permintaan
penawaran suatu barang atau jasa kepada penjual. Surat permintaan penawaran ini
diterbitkan karena calon pembeli tertarik dengan barang atau jasa yang
diinformasikan melalui surat perkenalan. Namun, surat permintaan penawaran juga
bisa dibuat berdasarkan inisiatif perusahaan. Surat permintaan penawaran
ini secara umum berisikan permintaan penjelasan secara detail atau rinci
tentang suatu produk atau jasa yang hendak dibeli. Inti utama dari surat ini
adalah nama dan harga produk, cara pembayaran serta cara pengiriman atau
penyerahan barang dan juga detail lain yang dianggap perlu.
4 Surat pesanan
Surat pesanan adalah surat yang
diterbitkan oelh pembeli dan ditujukan kepada penjual untuk keperluan pemesanan
atau permintaan barang atau jasa yang hendak dibeli. Surat ini biasanya dibuat
berdasarkan iklan ataupun surat penawaran yang memang dibutukan diperusahaan.
Inti dari surat pesanan harus menyertakan nama dan jenis barang yang hendak
dibeli beserta harganya dan cara pembayaran. Apabila pembayaran melalui
transfer bank, maka pembeli harus menyertakan bukti transfer dalam surat
pesanan.
5 Surat Konfirmasi Pesanan
Surat jenis ini diterbitkan oleh
penjual untuk memberitahukan pembeli perihal pesanan mereka. Inti dari surat
konfirmasi pesanan adalah memberitahukan detail barang pesanan oleh pembeli
seperti nama dan jenis barang, jumlah pembelian, syarat jual beli, dan juga
harga barang.
6 Surat pemberitahuan pengiriman
barang
Surat ini diterbitkan oleh penjual
jika kedua belah pihak menyetujui transaksi jual beli tersebut. Selain itu,
surat ini juga bertujuan untuk memberitahukan pembeli bila pesanan telah siap
dikirim. Surat ini juga bertujuan agar pembeli mengetahui tentang kondisi
barang pesanan dan siap menerima barang tersebut. Biasanya surat jenis ini
dibuat untuk pengiriman barang jarak jauh dan partai besar. Dalam surat
pemberitahuan pengiriman barang dijelaskan tentang detail jenis dan jumlah
barang, serta metode pengiriman yang digunakan dan perkiraan proses pengiriman
barang untuk sampai ke pembeli. Surat ini juga bisa dilampiri dengan dokumen
pengiriman, packing list, serta asuransi bila diperlukan.
7 Surat penolakan pesanan
Surat penolakan biasanya dikirimakan
oleh penjual apabila mereka tidak bisa memenuhi permintaan pembeli karena suatu
hal. Agar tidak mengecewakan pembeli, surat penolakan pesanan sebaiknya
dikirimkan sesegera mungkin.
8 Surat pengaduan
Surat pengaduan dikirim oleh pembeli
kepada penjual karena adanya ketidaksesuaian dengan barang yang mereka terima.
Ketidaksesuian tersebut bisa berupa barang rusak, kualitas dan jumlah barang
yang tidak sesuai dengan pesanan.
9 Surat jawaban pengaduan
Apabila penjual menerima surat
pengaduan, penjual harus sesegera mungkin untuk menjawab surat tersebut dengan
surat jawaban pengaduan. Inti dari surat ini adalah ucapan terima kasih untuk
surat pengaduan dari pembeli serta memberikan keputusan untuk memecahkan
masalah pengaduan tersebut.
1 Surat penagihan
Surat penagihan dibuat karena
transaksi jual beli yang dilakukan dengan menggunakan sistem utang. Surat ini
diterbitkan oleh penjual dan ditujukan kepada pembeli untuk membayar utang
mereka karena sudah jatuh tempo atau telah diluar perjanjian.
1 Surat pengiriman pembayaran
Apabila pembeli sudah menerima
barang yang mereka pesan dan tidak ada komplain tentang barang tersebut, maka
pembeli wajib untuk melakukan pembayan. Surat ini diterbitkan karena pembayaran
dilakukan non-tunai. Pada surat ini perlu dicantumkan jumlah uang yang telah
dibayarkan, cara pembayaran, beserta bukti pembayaran.
1 Surat pengangguhan pembayaran
Surat penangguhan pembayaran dibuat
atas dasar inisiatif dari pembeli karena menerima surat pengihan. Isi dari
surat pengangguhan pembayaran meliputi pernyataan tentang adanya suatu hal yang
membuat pembeli tidak bisa membayar sesuai dengan perjanjian. Serta dalam surat
tersebut juga berisi permohonan penjadwalan ulang pembayaran yang telah
dijanjikan.
1 Surat jawaban penagguhan pembayaran
Surat ini dibuat oleh penjual untuk menjawab permohonan
penagguhan pembayaran dari pembeli. Surat ini bisa berisikan persetujuan
ataupun penolakan untuk penangguhan tersebut.
Fungsi Surat Niaga
Adapun
fungsi dari surat niaga diantaranya sebagaimana berikut ini:
1.
Berfungsi
sebagai bukti nyata hiitam di atas putih, khususnya surat-surat perjanjian.
2.
Berfungsi
sebagai alat pengigat, sebab surat dapat diarsipkan dan dapat dilihat lagi jika
memang dibutuhkan.
3.
Berfungsi
sebagai duta ataupun wakil penulis untuk berhadapan dengan lawan bicaranya.
4.
Berfungsi
sebagai pedoman kerja dalam menjalankan tugas.
5.
Berfungsi
sebagai alat promosi.
6.
Berfungsi
sebagai bahan untuk mengambil suatu keputusan.
7.
Berfungsi
sebagai bukti dari sejarah.
0 komentar:
Posting Komentar